Minggu, 10 Maret 2013

Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo, S.Ip Jabat Pangdam V/Brawijaya



Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo, S.Ip

Jabat Pangdam V/Brawijaya

Salam Komando : Mayjen TNI Murdjito (kiri) dan Mayjen TNI R. Rdiwan Prabowo, S.Ip

Surabaya,
              Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP pada hari Jum’at  (8/3) resmi di lantik sebagai Pangdam V/Brawijaya, menggantikan Mayor Jenderal TNI Murdjito dengan mengadakan Apel Khusus bertempat di lapangan upacara Kodam V/Brawijaya Surabaya. Sebelumnya Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo pada hari Rabu (6/3) telah melantik Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP sebagai Pangdam V/Brawijaya,  yang dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Darat  Jakarta.
            Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP merupakan salah satu perwira TNI-AD lulusan Akmil tahun 1984 yang mengawali karier militernya sebagai Komandan Peleton Batalyon Armed-15 dengan pangkat pertama Letnan Dua. Bapak dua putra dan satu putri kelahiran Jakarta Barat 04 Oktober 1961 yang beristrikan Shinta Rengganis ini pernah melaksanakan penugasan luar negeri ke beberapa negara antara lain : Korea Selatan, Brunei Darusalam, Australia, Italia, dan Amerika Serikat (USA). Penerima tanda jasa Bintang Kartika Eka Paksi Nararya ini  sebelumnya menjabat  di Kementrian Pertahanan RI, sedangkan Mayor Jenderal TNI  Murdjito selanjutnya akan kembali menjadi Warga Negara Indonesia karena terhitung mulai 1 Maret 2013 memasuki masa pensiun.
Pada beberapa hari sebelumnya, calon Pangdam V/Brawijaya baru Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP  mengikuti rangkaian kegiatan tradisi korps penyambutan calon Pangdam V/Brawijaya diawali dengan Mayjen TNI   R. Ediwan Prabowo, S.IP beserta isterinya tiba didepan Markas Kodam V/Brawijaya dan menerima penghormatan dari jaga pos-1 regu jajar kehormatan yang disambut oleh Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI  Amrid Salas Kembaren beserta isteri, berikutnya Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP beserta isteri menerima pengalungan bunga dan bunga tangan. Tarian Cucuk Tampah yang memandu calon Pangdam V/Brawijaya beserta isteri memasuki ruang hening Kodam V/Brawijaya diikuti oleh Kasdam V/Brawijaya, Irdam V/Brawijaya, para Komandan Korem jajaran Kodam V/Brawijaya serta para Kepala Badan Pelaksana Kodam V/Brawijaya. Di dalam ruang hening Kodam V/Brawijaya baik Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI  Murdjito beserta isteri maupun calon Pangdam V/Brawijaya yang baru Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo, S.IP  beserta isteri serta undangan lainnya, menyanyikan lagu Mars Brawijaya kemudian dilanjutkan pembacaan pesan-pesan para pendahulu pejabat Pangdam V/Brawijaya. Penciuman Pataka Kodam V/Brawijaya oleh calon Pangdam V/Brawijaya wajib dilaksanakan, dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kecintaan terhadap Kodam V/Brawijaya. Dengan diakhiri menyanyikan lagu Mars Brawijaya  serta ucapan selamat dari para undangan, maka prosesi penerimaan calon Pangdam V/Brawijaya selesai. Dengan berakhirnya prosesi tersebut, Mayjen TNI  R. Ediwan Prabowo, S.IP,  beserta isteri dan keluarganya telah resmi menjadi keluarga besar Kodam V/Brawijaya.
Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI   Pramono Edhie Wibowo dalam amanatnya mengatakan, Kodam V/Brawijaya sebagai salah satu Kotama Pembinaan TNI Angkatan Darat bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan Negara di wilayah Jawa Timur.
Beliau menambahkan ucapan terima kasih kepada Mayjen TNI Murdjito dan istri atas jasanya selama menjabat serta bersyukur karena setiap kunjungan Kasad ke daerah, Kepala Daerah merasa nyaman bekerja sama dengan para Pangdam. Untuk itu Kasad berharap Pangdam dan Ketua persit PD V/Brawijaya yang baru dapat meneruskan prestasi yang di capai oleh pejabat sebelumnya.
Selain itu Jenderal bintang empat ini menjelaskan, memahami kondisi tersebut, Kodam V/Brawijaya memikul peran dan tanggung jawab yang sangat besar, terutama dalam  konteks Pembinaan Kewilayahan, mengingat wilayah Kodam memiliki karakteristik yang unik dan berbagai kekhususan yang berbasis keanekaragaman dan kemajemukan baik aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat. Oleh karena itu, hendaknya perlu dipahami dan dicermati karakteristik wilayah dan masyarakat Jawa Timur yang beragam agar dapat menentukan kebijakan dan langkah yang tepat dalam mengatasi setiap persoalan yang mungkin timbul.
            Serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya yang didukung oleh sekitar 5000 orang Prajurit Kodam V/Brawijaya, Pasukan TNI AL, TNI AU, BRIMOB,  FKPPI, PPM, PP dan PNS jajaran Kodam V/Brawijaya tersebut, diwarnai dengan  atraksi   Tarian Kolosal Sejarah Pasukan Brawijaya dari Gabungan Sanggar Tari  Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Siswa-Siswa SDN, SMPN, SMAN dan Prajurit Batalyon Arhanudse-8 Sidoarjo serta Kodim 0815/Mojokerto dan Kodim 0816/Sidoarjo.     Kegiatan diakhiri dengan Defile dari seluruh peserta apel yang diawali dengan Lambang-Lambang Kesatuan.
Turut hadir pula pada acara tersebut Gubernur Jawa Timur Pakde Sukarwo, para Pangkotama TNI dan Polri wilayah Jawa Timur, para mantan Pangdam V/Brawijaya, tokoh masyarakat, ulama, dan tokoh agama Jawa Timur serta para Perwira Tinggi (Pati) jajaran TNI AD.   (*/cu)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar