Kamis, 06 Mei 2010


Brigif 16/WY
Tingkatkan Keselamatan Lalin Lewat Sidak Kendaraan

Kediri –
Hari masih pagi, mentaripun masih malu menampakkan wajahnya. Namun disepanjang jalan garasi depan hingga mako Denma Brigif 16/WY tampak kendaraan yang terparkir rapi. Baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat, pribadi ataupun dinas. Dan diantara kendaraan yang terparkir rapi tersebut tampak beberapa orang yang sibuk mengecek kelengkapan kendaraan maupun surat-surat kelengkapan berkendara, sementara itu sang pemilik kendaraan tampak tidak jauh kendaraanya masing-masing.
Benar….Rabu (5/4) pagi itu, tengah diadakan pengecekan berkala kendaraan bermotor personel Brigif 16/WY yang dilaksanakan secara mendadak. Seperti dikatakan Kasi Intel Brigif 16/WY Kapten Inf Deni Eka Gustiana, bahwa pengecekan kendaraan yang ia gawangi bersama Kasilog Brigif 16/WY Mayor Inf Happy, sengaja dilaksanakan secara mendadak guna mengecek kesiapan prajurit serta untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas.
Dimana dalam pemeriksaan tersebut mengecek surat-surat maupun perlengkapan kendaraan yang wajib dipenuhi guna keselamatan dalam berkendara, seperti spion atau ban yang sudah gundul.
Alhasil dari pengecekan secara mendadak tersebut mendapati beberapa personil yang surat ijin mengemudinya (SIM) sudah mati serta satu personil yang surat tanda nomor kendaraannya (STNK) sudah mati. Oleh karenanya maka personil yang terbukti melanggar tersebut mendapatkan peringatan, serta dalam waktu tujuh hari harus sudah mengheregistrasi surat-suratnya.

Disisi lain dalam pengecekan secara mendadak tersebut, juga diawasi langsung oleh Danbrigif 16/WY Kol Inf Dedy Kusmayadi, bersama para Kasi serta Dandenma Brigif 16/WY. Yang dalam kesempatan itu pula, Danbrigif 16/WY Kol Inf Dedy Kusmayadi juga mengecek kondisi mesin kendaraan dinas roda empat yang digunakan setiap hari.
Sementara itu, dalam pengarahannya usai pengecekan kendaraan, Danbrigif 16/WY Kol Inf Dedy Kusmayadi menegaskan, hendaknya para pengemudi senantiasa merawat dan menjaga setiap kendaraan yang dipercayakan kepadanya. Sehingga kendaraan tersebut senantiasa siap digunakan setiap saat dan dalam kondisi apapun. Apalagi sekarang ini harga onderdir kendaraan melambung tinggi.
Disisi lain Komandan Pasukan Macan Loreng tersebut juga tak henti-hentinya mengharapkan agar setiap pengemudi senantiasa menjaga kebersihan kendaraan.
”Ya..kalau debu-debu ini masih baru, saya maklum karena dipergunakan tiap hari. Coba yang itu (sambil menunjuk sisi yang dimaksud), itu debu lama. Ini menunjukkan mesin ini jarang dibersihkan,” kata Danbrigif saat mengecek salah satu kendaraan dinas.
Menindak lanjuti apa yang telah disampaikan Danbrigif 16/WY Kol Inf Dedy Kusmayadi sebelumnya, Kasilog Brigif 16/WY Mayor Inf Happy, kepada para pengemudi juga mengharapkan agar senantia merawat kendaraan yang mereka awaki. Serta segera melaporkan setiap kondisi kendaraan jika memang memerlukan perawatan.
”Tolong...jika ada apa-apa segera laporkan. Kalau memang waktunya ganti oli segera lapor, kalian sudah tahu prosedurnya. Rawat kendaraan dengan baik, karena sparepart sekarang mahal, sebagai contoh harga ban seperti itu (sambil menunjuk sebuah ban) sekarang 1,8 juta per buahnya,” tegas Mayor Inf Happy. (pur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar