Rabu, 18 Agustus 2010


Pangdam V/Brawijaya Bhakti Sosial di ‘Kampung Idiot’

Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suwarno berkunjung untuk melihat langsung kondisi warga kampung idiot yang berada di dusun Tanggung Rejo desa karang patihan kecamatan Balong Kab. Ponorogo Jawa Timur, Sabtu sore (7/8/2010). Dalam kunjungannya ini Pangdam V/Brawijaya didampingi Ketua Persit KCK PD V/Brawijaya Ny.Toety Suwarno, ketua Persatuan Masyarakat Etnis Tionghoa Surabaya yang tergabung dalam PITI ( Pembinaan Iman Tauhid Islam ) Bp. Yos Utomo, Komandan Korem 081/DSJ yang baru Kolonel Inf B. Zuirman, tampak pula isteri Dirut PT. PLN Persero Ny. Nafsiah Dahlan Iskan.Dikampung ini Pangdam V/Brawijaya beserta rombongan selain mengunjungi secara langsung juga memberikan bantuan untuk meringankan beban para warga idiot yang nota bene merupakan akibat dari penyakit keterbelakangan mental dari keturunan mereka.

Idiotnya warga disini lebih dikarenakan faktor keturunan dari nenek moyang mereka. Dimana dulunya orang tua mereka masih kekurangan gizi karena daerah ini merupakan derah yang sangat terpencil .Selain itu pernikahan dini juga menjadi salah satu faktor penyebabnya, sebagaimana di ungkapkan Kepala desa setempat Bp. Daud Cahyono.

Kegiatan Bakti sosial ini telah lama direncanakan, kebetulan pada bulan ini agenda kita melaksanakan kegiatan bakti sosial di Ponorogo “ jelas Pangdam V/Brawijaya , Mayjend TNI Suwarno usai memberikan sambutannya.

Di tengah – tengah menyampaikan sambutannya di desa Karang Patihan, Pangdam V/Brawijaya sempat menitikkan air mata.

Pangdam dalam sambutannya itu tidak banyak memberikan bantuan kepada warga sebab masih banyak juga warga lain yang juga membutuhkan bantuan serupa.Meskipun Pangdam V/Brawijaya dalam sambutannya telah sering memakai bahasa Jawa, meski demikian puluhan warga idiot seakan tak mendengarkan kata – kata beliau, beberapa diantaranya ada yang hanya duduk terpaku dengan pandangan kosong, ada juga yang sesekali menggelengkan kepalanya. Mungkin karena pemandangan tersebut Pangdam menjadi terharu, bahkan saking terharunya usai mengakhiri sambutan sesekali beliau menitikkan air mata , bahkan sampai di tempat undangan beliau masih meraih tisu untuk mengusap air mata. Hal serupa juga dialami oleh para undangan khususnya ibu-ibu.

Dalam kegiatan Bakti sosial ini rombongan memberikan bantuan kepada penderita idiot di desa Karang Patihan yakni berupa Empat Puluh Ekor Kambing kepada empat gabungan kelompok tani ( Gapoktan ), penyerahan bingkisan sembako kepada 43 kk, Uang tunai, serta buku tulis untuk anak – anak usia sekolah.kegiatan serupa juga dilakukan di dusun Sidowayah desa Sidoarjo kecamatan Jambon kab. Ponorogo. Di dusun yang 151 warganya juga mengalami keterbelakangan mental itu rombongan membagikan paket sembako untuk sebanyak 664 orang, uang tunai dan buku tulis. Sekdakab Ponorogo Luhur Karsanto mewakili Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam V/Brw beserta rombongan atas apa yang telah diberikan kepada warga, dan berharap semoga bisa menjadi inspirasi bagi pihak dermawan yang lain.(cu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar