Sabtu, 03 Juli 2010


Rata PenuhMelalui Kota Tahu, Hijaukan Jawa Timur
Kediri –
Sambil menyelam minum air, begitulah kira-kira pepatah yang tepat. Sebab dalam rangka memperingati HUT ke 55 yang jatuh pada 5 Juli 2010, Yonif 521/DY melaksanakan kegiatan untuk memperingatinya, dan kegiatan tersebut mendukung program Pemkot Kediri dan juga Satuan Atas. Yaitu Sosialiasi sekaligus Pencanangan penanaman bibit pohon Samanea Saman atau lebih dikenal dengan pohon Trembesi yang dilaksanakan di halaman belakang SMA 1 Kediri Jl. Veteran Kediri.


Danyonif 521/DY Letkol Inf Iskandar dalam sambutannya dihadapan para tamu undangan mengatakan, kegiatan ini selain dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke 55 Yonif 521/DY juga sekaligus mendukung program yang Pemkot Kediri, yaitu penghijauan.

Mengapa kegiatan tersebut dipusatkan di SMA 1 Kediri?
Dikatakan Perwira Malati Dua itu, latar belakang kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA 1 Kediri adalah karena sejarah Satuan dan aktifitas Pemkot Kediri dalam kegiatan Penghijauan. Dikatakan sejarah Satuan karena, di lokasi SMA 1 Kediri tersebut, dahulu dijaman Jepang, lokasi tersebut digunakan Markas pejuang Peta (Pembela Tanag Air) Daidan II. Juga pernah digunakan sebagai markas Yonif 506/Merak. Yang dalam perkembangannya Yonif 506/Merak dan Yonif 504/Sriti dilebur menjadi satu, dan terlahirlah Yonif 521/DY pada 5 Juli 1955.

Serta dikatakan mendukung aktifitas Pemkot Kediri dalam kegiatan Penghijauan, karena Pemkot Kediri sendiri sedang menggalakkan program penghijauan. Selain lokasi SMA 1 Kediri berada di tengah kota, sehingga diharapkan mampu mengurangi polusi yang ada di tengah kota.
“ Melalui Kota Tahu ini,mari kita hijaukan Jawa Timur,” kata Letkol Inf Iskandar.

Walikota Kediri dr.H.Syamsul Ashar,S.Pd dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Sebab dampak perubahan iklim global telah berpengaruh pada semua sector kehidupan. Oleh karenanya dengan kegiatan seperti ini dapat mengurangi pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim. Namun ia mengingatkan bahwa menanam itu mudah, namun perawatannya yang memerlukan kesabaran yang tinggi.

Sementara itu kepada Tim Liputan Tabloid Brawijaya¸ Kepala SMA 1 Kediri Drs. Dwi Rajab Junuhadi, M.Pd mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Yonif 521/DY dan Pemkot Kediri tersebut. Dan pihaknya akan melibatkan para siswanya untuk merawat dengan baik bibit pohon trembesi yang ditanam.
Dan tepat pukul Sembilan, acara penanaman pun telah dimulai, yang ditandai dengan penanaman bibit pohon Trembesi oleh Danyonif 521/DY Letkol Inf Iskandar, Walikota Kediri dr.H.Syamsul Ashar,S.Pd, Danbrigif 16/WY yang diwakili Kasi Ter Mayor Inf Edy Sunarko,S.Sos, serta pejabat Muspida Kediri lainnya. Serta tak ketinggalan dari perwakilan dari PT.Gudang Garam, Tbk. Namun perlu diketahui, bahwa kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di satu lokasi yaitu SMA 1 Kediri. Tetapi dalam kegiatan ini dilaksanakans secara serentak di 48 titik, yang meliputi Instansi Sekolah, Perkantoran, Pemerintahan dan Instansi Umum. Yang total kesemuanya berjumlah 550 bibit pohon trembesi yang ditanam.
Agar penanaman dapat dilaksanakan secara serentak bersamaan, maka semua mendapatkan perintah satu komando dari lokasi SMA 1 Kediri melalui Handi Talky (HT). Oleh karenaya sesaat sebelum penanaman, semua lokasi yang dilaksanakan penanaman di cek satu-persatu melalui HT. Dan setelah siap semua, maka penanaman pun langsung dimulai. Maka di 48 titik penanaman tadi pun langsung menanam secara bersama-sama.(pr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar