Sabtu, 03 Juli 2010


Saka Wira Kartika Brigif 16/WY
Dukung Giat Kwarcab Kota Kediri

Kediri –
Minggu (27/6) pagi, Markas Brigif 16/WY tampak ramai dengan Pramuka Penggalang. Mereka membentuk kelompok sesuai dengan regu masing-masing. Sementara itu diantara mereka juga tampak anggota Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY dan anggota Kwarcab Kota Kediri.

ya..hari minggu itu, tengah dilaksanakakan kegiatan Lomba Tingkat Pramuka Penggalang Kwarcab Kota Kediri atau Lomba Tingkat 3 Regu Penggalang. Dimana hari minggu itu adalah puncak dari kegiatan tersebut. Sebab kegiatan Lomba Tingkat 3 Regu Penggalang ini telah dilaksanakan sejak Jum’at (25/6) pagi. Dan diikuti oleh 18 Regu, yang terdiri dari 9 regu Putra dan 9 regu Putri, yang semuanya sejumlah 112 pelajar SLTP se-Kota Kediri.

Jika ini kegiatan Pramuka Penggalang, mengapa ada Pramuka Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY?
Seperti dikatakan Kakwarcab Kota Kediri Drs. H.Maki Ali, Msi kepada Tim Liputan Brawijaya, saat meninjau kegiatan Lomba Tingkat 3 Regu Penggalang tersebut, bahwa kegiatan itu memang gawenya Kwarcab Kota Kediri. Namun karena Kwarcab Kota Kediri sudah ada hubungan dengan Brigif 16/WY khususnya Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY, maka kegiatan safari camp dilaksanakan di markas Brigif 16/WY, yang tentunya melibatkan semua unsur Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY. Sedangkan kegiatan lainnya, dilaksanakan ditempat yang terpisah.

Ditambahkan Ketua Dewan Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY Mayor Inf Suko Edi Winarto, S.Sos. bahwa kegiatan ini merupakan keterpaduan dan keterpadaan antara Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY dengan Kwarcab Kota Kediri. Oleh karenanya dikala kwarcab Kota Kediri mempunyai kegiatan, Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY juga turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu kegiatan Lomba Tingkat 3 Regu Penggalang yang dilaksanakan di Markas Brigif 16/WY tersebut, dikatakan oleh salah satu pengurus Kwarcab Kota Kediri Ellya Sunarwati,M.pd yang didampingi Pamong Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY Serka Isak Heryanto adalah safari camp, yang kegiatannya meliputi bifak, survival, melintasi halang rintang/tantangan beregu dan penjelajahan.

Disela kegiatan Lomba Tingkat 3 Regu Penggalang ini, Ketua Harian Saka Wira Kartika Pangkalan Denma Brigif 16/WY Mayor Inf Edy Sunarko, S.Sos, memberikan ceramah singkat tentang nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air.
“Jiwa bela Negara dan cinta tanah air harus dibangun sejak dini. Dan pramuka mendidik anak-anak yang berbudi luhur, berbudi pekerti dan sikap patriotisme. Dengan semangat inilah saya berharap adik-adik akan menjadi generasi muda yang tangguh,” katanya.

“Saya salut dan bangga dengan adik-adik semua. Disaat teman-teman kalian sedang melaksanakan liburan, berjalan-jalan ke Mall, tetapi kalian mengikuti kegiatan yang sangat positif yaitu kepramukaan. Tolong kegiatan ini disampaikan ke teman-teman kalian dan ajak untuk bergabung, sehingga tahun mendatang akan lebih banyak dan semakin banyak yang cinta dengan kegiatan kepanduan ini. Ingat adik-adik kalian adalah generasi penerus bangsa, miliki dan tanamkan terus jiwa cinta bangsa dan Negara yang kuat dan handal, salah satuanya melalui wadah kepramukaan ini,” lanjut mantan anggota Pendam IX/Udayana ini.

Disisi lain, ia juga menegaskan dalam pemberian materi ini tentunya disesuaikan dengan tingkat para anggota Pramuka itu, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak dan seterusnya (pr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar