Jumat, 25 Juni 2010

WAGUB JATIM:
BERSEPEDA BAGIAN DARI PEDULI LINGKUNGAN



Selain tubuh sehat, bersepeda juga merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang kini semakin tercemar, bukan hanya oleh limbah, tetapi juga asap kendaraan bermotor.

“Dengan semakin banyak orang yang bersepeda, maka dapat mengurangi polusi kendaraan,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs H Saifullah Yusuf usai memberangkatkan peserta Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta 2010 dalam rangka HUT Harian Kompas ke-45 di Gramedia Expo Surabaya, Rabu (23/6).

Menurut Gus Ipul, sapaan Wagub Jatim, jumlah penggemar sepeda ontel di Jatim semakin banyak. Hampir di setiap kabupaten/kota ada kelompok sepeda. ”Saya tidak mengetahui jumlah pasti kelompok sepeda ontel di Jatim tapi saya amati semakin banyak,” tutur Gus Ipul.

Karena itu ia berharap, kegiatan bersepeda bareng seperti ini, dapat terus digalakkan oleh semua pihak. Selain itu, diharapkan di setiap kota/kabupaten tersedia jalur khusus pengguna sepeda ontel, sehingga tidak mengganggu pengguna kendaraan lain. “Untuk mewujudkan keinginan ini memang sulit, karena sekarang ini kota/kabupaten masih dipusingkan dengan banyaknya jumlah kendaraan bermotor, tapi seandainya terwujud pasti sangat menyenangkan,” katanya.

Sementara Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas, Trias Kuncahyono mengatakan, pada kegiatan ini Kompas menggandeng Polri yang juga sedang memperingati Hari Bhayangkara ke-64 pada 1 Juli 2010 mendatang.

Pada Jelajah kali ini, para peserta akan menyinggahi 12 kota, yakni Surabaya, Malang, Trenggalek, Pacitan, Solo, Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Cirebon, Bandung, Bogor, dan Jakarta sebagai tujuan akhir. “Peserta yang diberangkatkan sebanyak 200 orang, 40 di antaranya peserta inti, sedangkan sisanya, pendamping,” katanya.

Peserta inti ini, nantinya akan menyelesaikan seluruh rute hingga finis di Jakarta pada 4 Juli 2010 mendatang. ”Jika tidak ada halangan perjalanan peserta akan selesai 12 hari, dengan panjang jalur 1100 km,” ujarnya.

Selama melintasi daerah, para peserta akan menggelar sejumlah kegiatan sosial seperti donor darah, pengobatan gratis, dan bantuan buku untuk perpustakaan. Data untuk kegiatan ini seluruhnya hasil sumbangan dari pembaca setia Kompas dan sejumlah sponsor.

Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan, gerakan kampanye hidup sehat dapat semakin cepat disosialisasikan. Selain itu kegiatan ini untuk mengenalkan pada peserta sejumlah tempat manarik di Indonesia. “Setiap jalur yang dilewati punya keunikan tersendiri, dan disanalah kita akan mengkampanyekan hidup sehat dengan bersepedah,” tuturnya.

Pada Pelepasan peserta, dilaksanakan pula penyerahan bantuan buku untuk 10 perpustakaan di Surabaya, penandatanganan prasasti di atas sebuah velg sepeda oleh perwakilan Kompas, Kapolda Jatim, dan Wakil Gubernur. Selain itu juga pemberian cideramata berupa gambar karikatur Gus Ipul dari Kompas kepada Wakil Gubernur.(pr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar